19:09 | Sabtu, 19 April 2014

Korban Longsor Badegan Belum Terima Bantuan

BUTUH BANTUAN. Kondisi rumah yang mengkhawatirkan, butuh perhatian segera. (foto: reog.tv)

BUTUH BANTUAN. Kondisi rumah yang mengkhawatirkan, butuh perhatian segera. (foto: reog.tv)

REOG.TV, PONOROGO – Bencana alam tanah longsor di dusun Watuagung Desa Dayakan Kecamatan Badegan Ponorogo belum terselesaikan. Korban yang rumahnya roboh akibat tertimbun material longsor, masih mengungsi di rumah saudaranya yang lokasinya lebih aman. Sementara bantuan pun belum diterima oleh korban.

“Belum ada bantuan apa-apa. Sama sekali belum,” kata Situk, pemilik rumah yang roboh tertimpa longsor. Pemerintah Desa, Kecamatan maupun Kabupaten yang datang, hanya melihat tanpa meninggalkan bantuan sama sekali. Padahal, lanjut situ, ia dan keluarganya sangat membutuhkan bantuan, minimal untuk perbaikan rumahnya. Ia dan 5 anggota keluarganya, masih mengungsi di rumah tetangganya.

Buruh tani ini juga mengaku, harta benda miliknya habis, ludes tertimbun lumpur bercampur bebatuan. Jika ada bantuan, ia akan senang sekali. Minimal, bisa mengurangi beban hidupnya sementara waktu.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ponorogo, institusi yang bertugas mendistribusika bantuan dan menangani korban bencana dan datang di lokasi, juga tak meneteskan derma. Dalihnya, sudah tidak ada lagi logistik, bahan makanan, yang bisa diberikan.

“Memang tidak ada persediaan. Sama sekali tidak ada,” kata Setio Budiono, staf BPBD saat berkunjung di lokasi kejadian.

Sementara Wakil Bupati Yuni Widyaningsih yang juga berkunjung ke rumah korban, hanya berjanji akan memberi bantuan relokasi. Rumah korban akan dipindah dari lokasi sekarang rawan longsor susulan. Namun tidak dijelaskan, kapan bantuan relokasi akan direalisasikan.

Nihil bantuan instan bagi korban bencana di Ponorogo, bukan yang pertama kalinya. Musibah bencana alam yang berulang sejak musim penghujan, seperti puting beliung, tertimpa pohon tumbang dan longsor yang menelan korban, juga belum ada bantuan. (Tim/reog.tv)

764 total dibaca, 1 kali hari ini

Filed in: Hot News

Belum ada komentar.

Tinggalkan Komentar